Rabu, 15 Desember 2010

3 Tips Berhenti Merokok

Spesialis Paru dari RSUP Persahabatan, Jakarta, dr Sita Andarini membeberkan beberapa tip yang bisa Anda coba. Pada dasarnya, untuk bisa berhenti merokok ada dua metode yang bisa dilakukan, yakni metoda tanpa obat dan dengan obat.

Untuk metode tanpa obat bisa dilakukan dengan cara konseling berhenti merokok dan konseling sosial. Kalau dengan obat bisa dilakukan dengan cara nicotine replacement, dan sebagainya.

Lebih lanjut, dr Sita menyebutkan tiga cara berhenti merokok. Pertama, perokok dapat berhenti seketika. Hari ini Anda merokok, besok Anda berhenti sama sekali. Untuk kebanyakan orang, cara ini yang paling berhasil. Untuk perokok berat, mungkin dibutuhkan bantuan medis untuk mengatasi efek ketagihan.

Kedua, penundaan. Misalnya, menunda saat menghisap rokok pertama, dua jam setiap hari dari hari sebelumnya sementara jumlah rokok yang dihisap tidak dihitung.

Ketiga, dengan mengurangi jumlah rokok per hari yaitu jumlah rokok yang dihisap per hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai nol batang pada hari yang ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar