Rabu, 15 Desember 2010

Pentingnya Cuci Tangan

Selain diare, penyakit yang membahayakan karena perilaku yang tidak bersih dan sehat adalah cacingan. Guru Besar Bidang Ilmu Parasitologi Klinik Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Prof. DR. Teguh Wahju Sardjono menyatakan sekitar 60 persen dari 220 juta penduduk Indonesia cacingan, dengan kerugian lebih dari Rp 500 miliar atau setara dengan 20 juta liter darah per tahun. Kerugian akibat penyakit cacingan di antaranya kurang gizi dan hilangnya produktivitas.

Upaya menjaga kelangsungan hidup anak Indonesia, termasuk mencegah diare, cacingan dan penyakit lainnya, harus difokuskan pada upaya preventif (pencegahan). Tindakan pencegahan ini dapat dilakukan dengan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di setiap keluarga, yang merupakan cara termudah dan murah.

PHBS seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS) secara medis telah terbukti efektif mencegah dan membentengi tubuh dari beragam penyakit seperti diare, cacingan, inpeksi saluran pernapasan atas (ISPA), sampai flu burung dan flu babi (swine flu). Berdasarkan kajian WHO, cuci tangan memakai sabun dapat mengurangi kejadian penyakit tersebut hingga 47 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar